Pulau Bidadari, Pulau Wisata Indah namun Kental akan Nuansa Sejarah

Pulau Bidadari merupakan pulau terdekat dari kota Jakarta dibandingkan pulau – pulau indah lain di kawasan Kepulauan Seribu. Jarak pulau yang sangat dekat menjadikan pulau ini sebagai destinasi wisata utama para warga yang haus akan hiburan untuk menghabiskan waktu liburannya. Selain terkenal akan keindahan alamnya, tahukah Anda bahwa Pulau Bidadari ini juga kental akan unsur sejarah yang tidak bisa dilupakan begitu saja?Begitu Anda menginjakan kaki di Pulau Bidadari, Anda akan sadar bahwa pulau ini memang benar menawarkan hal yang berbeda dan kesan sejarah yang digambarkan akan sangat nyata sehingga selain keseruan berlibur, tanpa sadar Anda akan lebih tahu lagi mengenai sejarah apa saja yang pernah terjadi di Bumi kita ini.

Sekilas Mengenai Sejarah Pulau Bidadari

Jauh sebelum Pulau Bidadari dikenal dengan nama Bidadari, pulau tersebut sering disebut dengan Pulau Sakit dan Pulau Purmerend. Saat menjadi pulau wisata sajalah Pulau Bidadari berganti nama dengan menyesuaikan nama – nama pulau lain di kepulauan seribu, seperti Pulau Putri dan Nirwana.

Begitu  Anda menginjakan kaki di Pulau Bidadari, Anda akan melihat meriam – meriam kuno bekas peninggalan Belanda yang ditata secara apik serta adanya sisa benteng yang juga dibangun pada jaman Belanda. Alasan mengapa pulau ini terdapat begitu banyak peninggalan sejarah adalah karena, Pulau Bidadari merupakan pulau transit bagi Belanda sebelum sampai ke Jakarta atau Batavia. Disini Belanda melakukan pengawasan ketat terharap arus lalu lintas air serta keadaan sekitar musuh kalau – kalau ada yang berusaha menyerang mereka. Pada waktu itu, pulai bidadari juga menjadi wilayah rebutan bagi Belanda dan Inggris selama beberapa tahun yang menyebabkan Pulau Bidadari hancur dan dibangun ulang berulang kali.

Setelah lepasnya Pulau Bidadari dari cengkraman Belanda dan negara Indonesia Merdeka, Pulau Bidadari hanya menjadi pulau kosong yang terlupakan dan sama sekali tidak dikunjungi oleh siapaun. Barulah kemudian pada tahun 1970 Pulau Bidadari perlahan – lahan disulap menjadi Pulau Wisata alam yang cantik namun tetap mempertahankan keunikan sejarah kental yang ada di setiap bagian pulau seperti Pulau Bidadari yang kita kenal selama ini.

Wisata

Spot wisata yang patut dikunjungi saat berlibur di Pulau Bidadari tentu saja bekas peninggalan sejaran Belanda yang kini masih bisa disaksikan, Pantai berpasir tenang putih dan indah di sepanjang pulau, melihat berbagai tanaman langka seperti pohon jodoh, pohon perdamaian, pohon kepuh dan pohon senggigi.Bagi Anda yang masih ingin merasakan sentuhan wisata modern ketika berlibur di Pulau Bidadari, di beberapa bagian pulau sudah disediakan berbagai fasilitas menarik seperti lapangan basket, arena bermain biliar, kolam renang untuk anak, serta berbagai macam olahraga air yang menantang adrenalin sejenis banana boat.Letak Pulau Bidadari yang sangat dekat dari ibu kota serta, harga atau biaya total yang dihabiskan selama berlibur yang cukup terjangkau menjadikan siapa pun bisa berlibur dengan mudah di Pulau Bidadari meskipun, ia memiliki jadwal yang sibuk atau terganjal masalah keuangan yang ketat.

Fasilitas Pulau

Seperti yang sudah diterangkan di atas, kini Pulau Bidadari memiliki berbagai kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan ketika berlibur disini. Mulai dari olahraga air menantang, tempat makan yang enak, pendopo tempat peristirahatan di dekat pantai, area memancing, dan bahkan saat ini Anda bisa memilih fasilitas penginapan mengapung seperti kampungg nelayan pada umumnya atau cottage nyaman didarat pada waktu kunjungan liburan Anda di Pulau Bidadari.Jikalau Anda memilih berlibur dengan menggunakan jasa tour, akan ada tambahan fasilitas yang didapat yaitu guide yang bahkan bisa memimpin permainan ketika Anda datang berombongan dengan teman kantor atau keluarga demi menjalin keakraban.

Transportasi

Mengenai transportasi menuju dan dari pulau tidak jauh berbeda dengan kunjungan ke lokasi – lokasi lain di Kepulauan Seribu yaitu melalui Pelabuhan Marina atau Muara Angke.  Bagi yang ingin menggunakan kapal biasa bisa melalu muara angke dan yang ingin menggunakan kapal speedboat bisa melalui marina.Apabila dilihat dari segi kesan dan pengalaman yang ditawarkan Pulau Bidadari dan pulau – pulau lain di Kepulauan Seribu tentu saja berbeda karena, pada pulau ini kesan sejarah lebih kental dan jelas dari pada pulau – pulau lain. Pada pulau ini selain keindahan, Anda akan diajak untuk melintasi waktu melihat perbedaan dan perkembangan pulau langsung dari peninggalan – peninggalan yang terdapat di pulau dan perkembangan fasilitas yang ada.

Jika Anda merasa bahwa selama ini tidak memiliki waktu untuk berlibur karena jadwal yang ketat dan sulit mencuri – curi waktu, dengan segala hal yang ditawarkan oleh pulau ini, rasanya akan sepadan apabila Anda menjatuhkan pilihan waktu berlibur Anda di Pulau Bidadari.

Pastikan bersama agen travel kami, Di Pulau seribu kita juga menikmati Paket Wisata Pulau Bidadari. Pulau ini merupakan resort di Pulau Seribu, Jakarta. Asal nama Pulau ini,yaitu Pulau Sakit,jarak menuju pulau resort ini hanya membutuhkan waktu yang sebentar, karena masih dekat dengan Marina Ancol Jakarta.

Harga Paket Pulau Bidadari

Gambar Pulau Bidadari

Post a Comment

Your email is kept private. Required fields are marked *

*